OLIGARKI DALAM DEMOKSARI INDONESIA MEMBUAT HUKUM SULIT DI TEGAKKAN

  • Fitri Kumala Universitas Islam Negri Syarif Qasim Riau / Indonesia
  • Rahmayuni Rahmayuni Universitas Islam Negri Syarif Kasim Riau
  • Fitri Ariska Universitas Islam Negri Syarif Kasim Riau
  • Silfira Dinata Universitas Islam Negri Syarif Kasim Riau
Keywords: Oligarki, Hukum, Demokrasi

Abstract

Secara umum dari perspektif  teoritik oligarki tidak sama dengan elit, perbedaannya adalah terletak pada sumber daya kekuasaan yang melandasi nya dan jangkauan kekuasaan. Sumber daya kekuasaannya yang berasal dari jabatan resmi, sedangkan sumberdaya kekuasaan oligarki adalah kekuasaan material.tidak semua elite merupakan oligarki dan juga sebaliknya.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus berkomitmen melalui oligarki sehingga tuntas. Oligarki akan menyebabkan nilai-nilai seperti persamaan, parsitipasi politik, keterbukaan, kebebasan, dll. Demokrasi yang terbajak oleh oligarki akan menyebabkan segenap kebijakan semata diserahkan pada pemenuhan kepentingan eksklusif para elit, pengusahaan. Hal ini menyebabkan  demokrasi kesejahteraan rakyat menjadi tersendat.

Sementara itu dalam kehidupan bermasyarakat hampir dimana ada mayoritas baik dalam agama, ekonomi, moral, politik, dll. Yang mayoritas sering mengalami penderitaan karena tertekan oleh pihak mayoritas. Dan hubungan antara kaum mayoritas-minoritas sering menimbulkan konflik sosial yang tidak bersahabat.

Hal ini disebabkan adanya perilaku diskriminatif yang muncul karena menganggap klompok lain sebagai out-group yang merupakan lawan bagi mereka terutama bagi kaum minoritas yang di anggap asing oleh kaum mayoritas.

Published
2021-02-27