PENGARUH HAFALAN AL-QURAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FIRDAUS CIPATAT BANDUNG

  • Linda Siti Nurhayati STAI Persis Bandung
  • Rifqi Fauzan Sholeh STAI Persis Bandung
Keywords: Hafalan Al-Quran, Motivasi Belajar

Abstract

Usaha-usaha untuk menghafal Al-Quran oleh sebagian umat islam terus berlanjut dan hal ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan memelihara kemurnian Al-Qur’an.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana Hafalan Al-Qur’an juz 30, 1 dan 2  siswa MTs Al-Firdaus. Untuk mengetahui sejauh mana motivasi siswa MTs Al-Firdaus dalam KBM. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap motivasi belajar siswa dalam KBM.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional.

Pengaruh hafalan Al-Quran terhadap motivasi belajar siswa Mts Al-Firdaus Cipatat-Bandung Barat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 13,69%, dan sisanya 86,31 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Nilai rata-rata siswa/siswi MTs Al-Firdaus Cipatat-Bandung Barat dalam bidang studi hafalan Al-Quran adalah 87,02. Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan kwalifikasi cukup. Hal ini ditunjukkan oleh hasil rata perhitungan statistik mencapai 3,29 dan angka tersebut berada pad interval 2,50 – 3,50. Setelah berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh hafalan       Al-Quran terhadap motivasi belajar siswa Mts Al-Firdaus Cipatat – Bandung Barat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 13,69 %, dan sisanya 86,31 % dipengaruhi oleh faktor lain

Published
2021-07-27