UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 TELUK BETUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL

  • Rakila SDN 1 Teluk Betung
Keywords: Hasil Belajar, Soal Cerita, Tutor Sebaya, Kelompok Kecil

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa yang belum memahami dan mengalami kesulitan untuk menghitung luas bangun pada denah dengan bangun sebenarnya, terutama dalam menyelesaikan soal cerita pada denah berskala, berdasarkan hal ini maka peneliti mempunyai alasan untuk terus mencari cara-cara yang baik dan benar dalam menyelesaikan soal cerita. Dengan demikian, nantinya siswa benar-benar memahami cara menyelesaikan soal cerita dengan benar, yakni dari apa yang diketahui, apa yang ditanyakan dan apa jawaban soal tersebut, yang akhirnya siswa mampu menuliskan hasil akhir soal tersebut.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VI SD Negeri 1  Teluk Betung Kecamatan Karau Kuala dalam menyelesaikan soal cerita tentang membaca gambar atau denah berskala melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil.

Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Teluk Betung yang berjumlah 19 orang.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes sedangkan analisis data digunakan analisis deskriftif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes yang diperoleh pada siklus I terdapat 11 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5, rata-rata nilainya 6,32. Sedangkan ketuntansan belajarnya baru mencapai 42%, kenyataan itu menunjukkan hasil pembejaran masih sangat rendah. Pada pelaksanaan siklus II, terdapat 7siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5, sedangkan yang mendapat nilai lebih dari 6,5 adalah 12 siswa. Sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh 7,26. Dengan demikian tingkat keberhasilan siswa sudah cukup meningkat. Pada pelaksanaan siklus III, tinggal 4 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 6,5, sedangkan 15 siswa memperoleh nilai lebih dari 6,5, rata-rata nilai yang diperoleh dalam siklus III adalah 8,11,dan tingka tketuntasan yang diperoleh telah mencapai 79%.

Published
2021-09-27